[ X ] Close

Sunday, October 2, 2011

Wisata Gunung Gede - Pangrango


Wisata Gunung Gede - Pangrango
(Taman Nasional Gede - Pangrango)

Gunung Gede terletak tidak terlalu jauh dari kota Jakarta maupun kota Bandung, sekitar 2,5 jam perjalanan dan bisa ditempuh baik dengan kendaraan umum (Bus) maupun kendaraan pribadi. Umumnya para pengunjung masuk dari pintu Cibodas, walaupun sebenarnya Gunung Gede memiliki beberapa alternatif pintu masuk seperti Gunung Putri, dan Selabintana (Sukabumi).

Gunung Gede - Pangrango


Berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, taman nasional ini terbentang di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 - 3.000 Meter di atas Permukaan laut. Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C dengan musim pendakian terbaik sekitar bulan Juni s/d September.

Gunung Gede - Pangrango

Selain bentang alam yang memukau, keunikan lain taman nasional Gede - Pangrango ialah  kekayaan ekosistemnya. Dipenuhi oleh keanekaragaman tumbuhan langka & endemik, taman nasional ini juga dihuni oleh satwa langka yang sangat dilindungi seperti Owa & Elang Jawa, sehingga tak jarang para peneliti dunia datang ke tempat ini untuk melakukan penelitian.

Beberapa objek wisata yang dapat anda lihat selama pendakian ke puncak gunung Gede antara lain:

Telaga Biru.

Gunung Gede - Pangrango

Sebuah danau kecil di ketinggian 1.575 meter dpl atau sekitar 1,5 km dari pintu masuk Cibodas, danau ini tampak berwarna biru diterpa sinar matahari dan terlihat indah dikelilingi oleh hutan yang rimbun. Apabila sedang beruntung, anda bisa melihat kura-kura penghuni danau ini sedang berjemur di pagi hari.

Air terjun Cibeureum.

Gunung Gede - Pangrango

Air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter terletak sekitar 2,8 km dari Cibodas dengan air yang dingin dan jernih serta udara yang segar. Di sekitar air terjun tersebut dapat melihat sejenis lumut merah yang merupakan salah satu dari banyak tumbuhan endemic yang terdapat di taman nasional Gede Pangrango.

Mata Air Panas.
Terletak sekitar 5,3 km atau 2 jam perjalanan dari Cibodas.

Kandang Batu dan Kandang Badak.
Berupakan shelter dimana para pendaki bisa mendirikan tenda untuk menginap baik sebelum ataupun seletah melakukan pendakian ke puncak gunung Gede. Tempat ini juga sering digunakan sebagai titik pengamatan satwa. Berada pada ketinggian 2.220 m.dpl atau sekita 3,5 jam perjalanan dari Cibodas.

Puncak dan Kawah Gunung Gede.
Melihat sunset / sunrise, mengamati hewan liar, melihat keindahan kawah dan tentunya menikmati pencapaian anda berdiri di puncak gunung setelah melakukan pendakian yang melelahkan. Terdapat beberapa kawah aktif yaitu kawah Lanang, Ratu dan Wadon. Berada pada ketinggian 2.958 m.dpl dengan waktu 5 jam pendakian dari Cibodas.

Alun-alun Suryakencana.

Gunung Gede - Pangrango

Sebuah padang edelweiss luas yang sangat indah. Berada pada ketinggian 2.750 m. dpl atau 6 jam perjalanan dari Cibodas.

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2035 Wisata Pegunungan
Theme by Yusuf Fikri