[ X ] Close

Tuesday, May 28, 2013

Tips Mendaki Gunung Kinabalu

Gunung Kinabalu yang terletak di negara bagian Sabah Malaysia yang berketinggian 4. 094 Mdpl adalah salah satu lokasi pendakian gunung yang cukup populer di kawasan Asia Tenggara. Selain memiliki medan pendakian yang cukup menantang dan memacu adrenalin, juga menyajikan pemandangan alam yang indah.
Gunung Kinabalu memiliki puncak berupa batuan cadas dengan ketinggian 4.094 meter dpl. Objek wisata di Malaysia ini memiliki daya tarik tersendiri, karena puncaknya tertutupi salju, sama seperti halnya pendakian ke Puncak Jaya dan Trikora di Wamena.

Gunung Kinabalu tidak menunjukkan aktifitas vulkanisme yang hebat layaknya Gunung Bromo, oleh karena itu, tempat wisata di Malaysia ini bisa didaki sepanjang tahun.

Lalu, bagaimana proses perijinan mendaki Gunung Kinabalu di Malaysia? Benarkah cara mengurus ijin mendaki gunung Kinabalu sangat sulit? Lalu, kapan waktu terbaik berliburmendaki gunung Kinabalu di Sabah? Berikut ini tips mendaki Gunung Kinabalu yang semoga berguna.

1. Hindari Mendaki Gunung Kinabalu Pada Waktu Musim Hujan.
Walaupun sudah dijelaskan bahwa tidak ada pantangan waktu - waktu tertentu untuk mendaki Gunung Kinabalu, tapi perlu diperhatikan cuaca setempat. Hindari mendaki Gunung Kinabaluketika tiba musim hujan.
Pendakian gunung yang dilakukan pada saat berlangsungnya musim hujan memiliki resiko yang lebih besar karena medan yang dilalui lebih licin. Selain itu, terpaan angin yang lebih kencang dari Laut Cina Selatan juga berpeluang mempersulit pendakian.

Lalu, bagaimana cara mengetahui musim yang sedang berlangsung di kawasan Gunung Kinabalu? Wisatawan bisa mencari informasi cuaca terbaru di Gunung Kinabalu melalui berita terkini di internet maupun dengan menghubungi operator pendakian via telepon. Informasi cuaca paling tepat tentu saja akan bisa Anda dapatkan melalui operator pendakian Gunung Kinabalu. Oleh karena itu, liburan ke Kinabalu ini harus direncanakan jauh - jauh hari sebelumnya.

2. Pilih Reservasi Penginapan Di Laban Rata Yang Dikelola Sutera Sanctuary Lodge ( SSL ).
Tidak seperti halnya pendakian gunung - gunung di Indonesia yang bisa dilakukan kapan saja tanpa melalui jasa operator pendakian, liburan mendaki Gunung Kinabalu harus menggunakan jasa operator. Dan operator yang memonopoli pendakian Gunung Kinabalu adalahSutera Sanctuary Lodge ( SSL ).
SSL juga mengharuskan setiap calon pendaki untuk memesan tempat penginapan di Laban Rata. Laban Rata termasuk salah satu anak perusahaan milik SSL. Anda bisa melakukan reservasi penginapan Laban Rata melalui perwakilan atau agen SSL terdekat dengan tempat tinggal Anda.

Jika Anda sudah melakukan reservasi penginapan di Laban Rata, maka ijin mendaki Gunung Kinabalu di Kinabalu Headquarter akan mudah di dapatkan. Biaya perijinan mendaki Gunung Kinabalu sebesar MYR 100 dan bisa diurus langsung ketika Anda tiba di Kinabalu Headquarter. Dominasi SSL ini memang terkesan kurang fair dan memaksa. Tapi layanan keamanan yang mereka berikan sangat baik, bahkan bila dibandingkan dengan operator pendakian gunung lain di luar negeri.

Mungkin Anda bertanya, bagaimana kalau memilih tempat menginap selain di Laban Rata? Apakah bisa mendapatkan ijin mendaki gunung Kinabalu? Memang banyak tersedia tempat penginapan murah ala backpacker di sekitar pintu masuk HQ, misalnya Bayu Lodge, yang bisa Anda pilih. Tapi ya begitu, proses mengurus perijinan tidak akan semudah kalau Anda menginap di Laban Rata. Bau - bau KKN begitulah.
3. Pendakian Ke Gunung Kinabalu Harus Selalu Didampingi Guide.
Perbedaan kegiatan liburan mendaki gunung di Indonesia dan di Malaysia adalah pada keberadaan tour guide. Setiap wisatawan yang berlibur mendaki puncak Gunung Kinabalu harus didampingi oleh guide. Layanan ini otomatis akan wisatawan dapatkan ketika mereka mengurus perijinan mendaki melalui Kinabalu Headquarter bersamaan dengan proses menimbang ransel.

Aturan yang berlaku di Kinabalu Headquater adalah satu guide hanya boleh memandu pendaki maksimal 6 orang. Dan biaya atau fee sewa guide di Gunung Kinabalu adalah MYR 100 per hari.

Mengapa mendaki Gunung Kinabalu syarat wajibnya harus pakai guide? Tujuannya adalah untuk keamanan selama pendakian. Liburan ke tempat wisata mancanegara harus mengutamakan keamanan. Lagi pula, prinsip setiap traveler adalah harus bisa fleksibel terhadap aturan setempat supaya tetap mampu survive dengan beragam keadaan.

4. Dukungan Sarana Dan Prasarana Yang Memanjakan Wisatawan Pendaki.
Meskipun liburan mendaki gunung termasuk kegiatan wisata alam yang identik dengan acara berkotor - kotor ria, namun faktor kenyamanan berlibur tetap harus diperhatikan. Dan berita baiknya adalah Pemerintah Malaysia menggarap serius tempat wisata di Sabah ini.
Sudah tersedia beragam fasilitas pendukung liburan mendaki Gunung Kinabalu. Mulai dari papan penunjuk “Kilometer Stand” setiap 500 meter, bangku istirahat, dan toilet dengan air bersih di setiap jarak 1.000 meter.

Selain penyediaan tempat istirahat mendaki dan fasilitas MCK yang bersih, tempat wisata di Malaysia Timur ini juga terkenal sigap menangani kecelakaan pendakian. Setiap orang pasti tidak ingin mengalami kecelakaan selama mereka berlibur.

Tetapi kejadian yang menimpa salah satu pendaki bisa menjadi rujukan. Dia terpelanting di trek berbatu Gunung Kinabalu sehingga tidak bisa jalan dan harus dilarikan ke rumah sakitterdekat. Untungnya, semua bisa perawatannya ditanggung oleh asuransi pendakian yang termasuk dalam paket registrasi di Kinabalu Headquarter.

1 comments:

Anggi said...

thanks ya,...atas tipsnya...
http://munggahgunungyo.blogspot.com/

Post a Comment

 
© Copyright 2035 Wisata Pegunungan
Theme by Yusuf Fikri